Home Wisata Bali Tempat Wisata Air Terjun Di Daerah Buleleng Bali

Tempat Wisata Air Terjun Di Daerah Buleleng Bali

wisata air terjun Buleleng Bali

Tempat wisata di buleleng sangat identik dengan wisata alam waterfall. Sebuah kabupaten yang berada di bagian Bali Utara mempunyai beraneka macam air terjun dengan karakteristik yang berada – beda. Hal ini membuat secara tidak langsung harus mengeksplorasi seluruh wisata air terjun yang ada. Sebab dengan karakteristik berbeda, pasti mempunyai suasana yang berbeda pula.

Dari daftar destinasi air terjun yang ada, beberapa air terjun merupakan destinasi yang recomended. Sebab berbagai macam aktivitas tidak terbatas dan kondisi air terjun yang cukup aman.

1Les Waterfall / Air Terjun Les / Air Terjun Yeh Mempeh

Lokasi Les Waterfall berada di Ds Les, Tejakula, Buleleng. Secara umum nama air terjun ini adalah air terjun Les. Namun warga setempat juga mempunyai sebutan lain dari air terjun tersebut, yaitu air terjun Yeh Mempeh.

Air Terjun yang mempunyai tinggi sekitar ±35 m, merupakan air terjun dengan air tawar. Kolam air terjun sangat jernih dan dangkal. Sehingga aman jika digunakan untuk berendam maupun berenang.

Akses menuju ke destinasi cukup jauh dari area tempat parkir. Jarak antara lokasi air terjun dengan tempat parkir adalah ±2 km. Jadi para pengunjung harus rela tracking terlebih dahulu sebelum dapat menikmati suasana air terjun.

Jalur tracking menuju ke arah air terjun cukup aman, tenang dan sangat menyejukkan. Di sekitar area tracking, dipenuhi dengan pepohonan hijau dan rindang. Hal tersebut membuat suasana tracking menjadi nyaman dan santai.

2Gigit Buleleng Waterfall / Air Terjun Gigit Buleleng

Tempat wisata ini berlokasi di Ds Gunung Luwih, Gigit, Buleleng. Kondisi air terjun ini setinggi ±48 m, merupakan air terjun tertinggi yang ada di Bali. Suasana air terjun sangat apik dengan dikelilingi tebing pepohonan dan batuan besar yang tepat berada di bawah air terjun. Hal ini menjadikan aliran menuju ke kolam tidak terlalu deras, sehingga aman untuk digunakan berenang.

Selain menjadi air terjun tertinggi di Bali, ada keunikan lain dari air terjun ini. Keunikan tersebut terletak pada jalur tracking menuju lokasi air terjun. Jalur tracking menuju air terjun memang tergolong aman, tetapi jalanan air terjun berliku – liku.

Di sepanjang jalur tracking para pengunjung dapat berbelanja terlebih dahulu. Ada berbagai macam kios yang menjual aneka macam souvenir khas Bali. Dengan adanya area perbelanjaan pasti membuat suasana tracking panjang jauh dari rasa lelah.

3Air Terjun Bertingkat

Lokasi dari air terjun ini masih dalam satu kawasan dengan air terjun Gitgit Buleleng. Air Terjun ini diapit dengan 2 buah tebing yang sangat rindang. Sehingga membuat lokasi air terjun cukup gelap namun sangat sejuk.

Air  terjun ini mempunyai 3 buah tingkatan air terjun. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam dengan kondisi air yang sangat jernih. Sehingga air terjun nampak sangat tinggi dan aliran air terjun tidak begitu deras. Untuk kolam yang paling aman digunakan berenang, adalah kolam air terjun paling bawah.

Pada aliran air terjun paling atas mempunyai arus yang cukup deras, sehingga sangat berbahaya jika mendekat. Namun terdapat sebuah jembatan yang berada di atas tebing untuk menyaksikan air terjun lebih dekat.

4Air Terjun Colek Pamor

Tempat wisata di buleleng ini juga masih dalam satu kawasan dengan air terjun Gitgit Buleleng. Lokasi air terjun ini cukup terpelosok dan mempunyai jalur tracking yang agak menyebalkan. Karena itulah suasana air terjun cukup sepi dan sedikit orang yang berminat mengunjungi air terjun Colek Pamor meskipun view air terjun cukup mempesona.

Jalur tracking memang tidak begitu terjal dan curam. Tetapi area jalan setapak masih alami dan masih merupakan tanah. Sehingga ketika musim hujan jalur tracking dipenuhi dengan genangan air dan lumpur.

5Melanting Waterfall / Air Terjun Melanting

Air terjun ini berada di Ds Munduk, Banjar, Buleleng. Untuk menuju ke arah destinasi harus tracking terlebih dahulu. Jalur trekking air terjun ini sangat aman  menarik dan mempesona. Karena itulah air terjun ini menjadi air destinasi wisata favorit.

Lokasi dari air terjun berada tepat di area pegunungan teh dan kopi. Sehingga untuk dapat sampai di lokasi harus tracking melalui kebun teh dan kopi terlebih dahulu. Dengan kondisi jalur tersebut membuat suasana tracking seperti suasana tempat wisata kebun teh maupun kopi.

Kondisi air terjun tidak begitu tinggi, hanya 20 m. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam dengan air jernih dan arus tidak begitu deras. Hal ini membuat aktivitas di dalam kolam cukup aman dan sangat leluasa.

6Air Terjun Sekumpul / Sekumpul Waterfall

Jalur trekking air terjun Sekumpul ini tergolong cukup terjal dan berliku – liku. Jarak jalur tracking menuju destinasi wisata tidak begitu jauh hanya sepanjang 300 m. Namun harus melalui ratusan anak tangga. Kemudian juga harus menyeberang sungai.

Tetapi dari jalur tracking tersebut ada hal yang menarik perhatian. Sebab disekitar area tracking dipenuhi dengan pepohonan rambutan dan durian. Oleh sebab itu waktu tepat mengunjungi air terjun sekumpul pada musim rambutan dan durian.

Kondisi dari air terjun ini terdapat 7 buah aliran air terjun. 7 aliran tersebut jatuh di area yang sama. Masyarakat setempat mempunyai sebutan lain untuk air terjun ini, yaitu air terjun Pemuatan.

Jarak antara destinasi wisata cukup dekat, jadi tempat wisata di Buleleng tersebut dapat dimanfaatkan sebagai one day trip. Dalam sehari dapat mengeksplorasi beberapa lokasi wisata sekaligus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here