Home Wisata Bali 6 Daftar Tempat Wisata Di Bangli Yang Indah

6 Daftar Tempat Wisata Di Bangli Yang Indah

Tempat Wisata Di Bangli

Tempat wisata di Bangli, Bali sangat variatif dan tidak mengherankan jika menjadi destinasi wisata favorit seluruh dunia. Ada suatu tips liburan supaya mempersingkat waktu dan sekaligus dapat mengunjungi beberapa tempat wisata dalam sehari. Tips tersebut dengan mengunjungi kawasan wisata. Berikut ini adalah daftar kawasan wisata yang ada di Bangli.

1Kawasan Wisata Penglipuran Village / Desa Penglipuran

Dengan mengunjungi desa Penglipuran, dapat menyaksikan budaya Bali dengan kompleks. Adat istiadat Bali di Desa Penglipuran masih sangat natural dan belum terjemahan ke modernisasi sama sekali. Hal tersebut bukan berarti pembangunan di Bali tidak merata, namun penduduk di Desa Penglipuran lebih memilih untuk tidak terpengaruh dengan kehidupan modern.

Nama desa Penglipuran sendiri berasal dari kata “pengeliling pura”. Kata tersebut mengandung arti tempat suci untuk mengenang para leluhur. Lokasi dari desa ini berada di Jl Rambutan, Gang III A 1 no 6, Bangli, Kawan, Kubu, Kec Bangli, Kab Bangli.

Semua rumah warga masih menggunakan desain rumah tradisional khas Bali. Semua rumah penduduk menyerupai pura. Lalu setiap penduduk juga menggunakan pakaian adat tradisional Bali dalam kesehariannya.

Untuk adat istiadat Bali sangat kompleks. Disana pengunjung dapat menyaksikan upaya sembahyang, ngaben, pernikahan adat dan lain – lain.

2Kawasan Wisata Desa Trunyan

Nama desa Trunyan diambil dari pohon Trunyan. Pohon tersebut tumbuh di desa tersebut dan merupakan pohon suci. Arti dari Trunyan sendiri berasal dari kata Taru dan Menyan. Arti kata Taru ialah pohon, sedangkan arti dari kata Menyan adalah harum.

Di Desa Trunyan, ada hal menarik yang membuat desa ini menjadi sorotan. Hal tersebut adalah adanya suatu adat kematian yang tergolong unik. Upacara adat kematian Bali yang disebut dengan ngabaen merupakan prosesi kematian dengan membakar mayat. Namun tersimpan fakta menarik disamping upacara adat tersebut.

Setiap warga Bali yang meninggal, tidak langsung dilakukan upacara adat ngabaen. Namun mayat diletakkan begitu saja di sekitar pohon Trunyan terlebih dahulu. Jadi di sekitar pohon yang  dianggap suci tersebut penuh dengan mayat.

Di pohon Trunyan, pengunjung juga dapat menyaksikan adat warga setempat. Adat tersebut merupakan bagaimana cara mereka mengunjungi dan memberi penghormatan pada keluarga yang meninggal.

3Kawasan Air Terjun Tibumana

Di kawasan wisata ini, dapat mengunjungi 2 buah destinasi wisata sekaligus yaitu air terjun dan gua. Sayangnya jalur tracking menuju ke destinasi sangat curam. Maka dari itu sangat dihimbau untuk berhati ketika menuju ke kawasan wisata tersebut.

Kondisi air terjun Tribunama tidak begitu tinggi dan deras. oleh sebab itu aktivitas di kolam air terjun cukup aman, apalagi kolam juga tidak terlalu dalam. Tebing air terjun penuh dengan tumbuhan hijau dan membuat kesan air terjun sangat natural.

Ada suatu fakta menarik pada air terjun tersebut. Tepat di belakang air terjun terdapat sebuah gua kecil. Gua tersebut konon merupakan suatu jalan pintas menuju ke arah gua raja Besakih.

Tidak ada larangan khusus dari warga setempat bagi yang berminat menelusuri gua tersebut. Namun hingga saat ini belum ada yang berani mencoba memasuki gua tersebut. Faktor utama yang membuat gua tersebut tidak ditelusuri adalah kondisi gua yang gelap dan sempit.

4Kawasan Wisata Gunung Batur Dan Danau Batur

Tempat wisata di Bangli ini sangat terkenal dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Gunung yang terletak di Ds Batur, Kintamani, Bangli mempunyai kondisi yang sangat istimewa dan berbeda dengan gunung lainnya.

Wisata hiking di Indonesia merupakan hal yang sangat wajar. Berada di puncak gunung pun juga merupakan suatu kebanggaan. Biasanya akan mengadakan kegiatan khusus ketika berhasil sampai di puncak, seperti mengibarkan bendera. Masing – masing gunung mempunyai karakter puncak berbeda – beda, ada yang dipenuhi dengan salju, bebatuan dan juga pepohonan hingga larva.

Namun di puncak gunung Batur sangat berbeda dari kondisi gunung pada umumnya. Di atas puncak gunung Batur yang dikelilingi dengan gunung Abang dan Rinjani terdapat sebuah danau. Karena itulah para wisatawan tidak segan – segan melakukan hiking yang sangat menguras tenaga di gunung tersebut.

5Kawasan Wisata Danau Tamblingan

Lokasi danau Tamblingan berada di Banjar, Bangli. Danau ini mempunyai luas sebesar 1,15 km persegi. Kondisi danau sangat natural dan mempesona dengan dikelilingi oleh view pegunungan Bangli.

Karakter air danau sangat tenang dan cukup dalam. Cara terbaik dalam mengeksplorasi danau Tamblingan adalah mengelilingi danau dengan perahu. Perahu tersebut merupakan perahu tradisional tanpa mesin, jadi dapat menikmati suasana dengan tenang tanpa suara mesin berisik.

Selain mengeksplorasi danau, dapat pula mengeksplorasi pura yang masih berada di kawasan danau. Ada 8 buah pura di sekitar danau. Pura tersebut ialah Pura Pengukiran, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Embang, Pura Batu Lepang, Pura Gubug, Pura Naga Loka, Pura Tirta Mengening dan Pura Pengukusan.

6Kawasan Wisata Danau Beratan

Di kawasan wisata ini terdapat 2 buah destinasi sekaligus, yaitu danau Beratan dan Pura Ulun Danu. Kondisi danau Beratan mempunyai view yang eksotis dengan dikelilingi perbukitan. Sementara dengan keberadaan Pura Ulun Danu membuat kesan dari danau sangat khas dengan nuansa Bali.

Itulah 6 buah kawasan tempat wisata di Bangli yang akan merupakan cara singkat mengeksplorasi wisata dalam satu kompleks. Hal tersebut dapat membuat waktu luang lebih banyak untuk dapat eksplorasi destinasi wisata Bangli lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here