Home Wisata Jawa Barat Tempat Wisata Di Cirebon Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Di Cirebon Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon menawarkan berbagai destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat Anda. Cirebon yang dikenal sebagai kota religi ternyata juga memiliki berbagai tempat wisata dengan nuansa panorama alam yang indah. Berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa menjadi rekomendasi berlibur Anda.

1Keraton Kanoman

Salah satu Tempat Wisata di Cirebon yang menyita perhatian banyak orang yaitu Keraton Kanoman. Keraton tersebut berada di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kabupaten Cirebon. Seiring dengan perkembangan zaman, keraton terpecah menjadi beberapa keraton yang salah satunya adalah Keraton Kanoman. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk memasuki wilayah keraton tersebut.

Keraton Kanoman merupakan tempat wisata bersejarah yang menjadi saksi sejarah perkembangan islam di Cirebon. Keraton dibangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau lebih dikenal dengan Pangeran Kertawijaya yang mendapat gelar pada tahun 1588 dengan nama Sultan Anom I. Peninggalan sejarah yang paling dikenal di sana yaitu Kereta Jempana dan Kereta Perang Paksi Naga Liman yang masih terjaga dan terawat hingga saat ini.

2Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan menjadi salah satu tempat wisata bersejarah favorit yang ada di Cirebon. Keraton tersebut terletak di Jalan Jagastru, Kabupaten Cirebon. Keraton sendiri berdiri sejak tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang tidak lain adalah cicit dari Sunan Gunung Jati. Keraton Kasepuhan dahulunya bernama Keraton Pakungwati yang diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Pangeran Mas Mochammad.

Keraton Kasepuhan menyuguhkan keraton dengan berbagai peninggalan sejarah yang bisa bagus. Di dalam keraton terdapat museum yang terdapat berbagai macam benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Pertama kali memasuki keraton anda akan disuguhkan dengan gerbang yang menyerupai pura di Bali dengan ukiran daun pintu bergaya Eropa sedangkan pagar dari keramik Cina.

3Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi terletak di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kabupaten Cirebon. Anda bisa mendatangi taman setiap hari dengan jam operasional 08.00 hingga 17.30. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi pagelaran sendratari, musik hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang diadakan setahun sekali.

Taman Sari Gua Sunyaragi menyuguhkan deretan gua yang masih alami dan murni hingga saat ini. Deretan gua tersebut dulunya sebagai tempat mediasi para pemuka kerajaan maupun prajurit keraton. Karena keaslian dari gua, membuat taman sari gua ramai dikunjungi wisatawan sebagai salah satu tempat spot foto yang menarik dan unik. Selain itu, pihak pengelola juga meluncurkan wahana balon udara yang bisa dinaiki oleh para wisatawan.

4Hutan Plangon

Hutan Plangon terletak di Jalan Bumi Babakan Indah, Kabupaten Cirebon. Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit saja dari pusat Kota Cirebon. Konon hutan plangon dulunya digunakan oleh para pangeran Cirebon sebagai tempat menyepi. Ada kabar juga bahwa di hutan plangon juga digunakan untuk bersemayam kedua pangeran. Sehingga tempat wisata ini sekaligus sebagai tempat berziarah orang muslim.

Hutan Plangon menyuguhkan pohon-pohon plangon yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Anda bisa bercengkerama dengan kera-kera maupun sekedar memberi makan. Biasanya kera yang ada di Hutan Plangon cukup agresif dan kurang ramah, sehingga Anda perlu berhati-hati dan jangan mengganggu habitatnya.

5Bukit Gronggong

Bukit Gronggong terletak di kampung Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sesuai dengan yang ditetapkan. Bukit ini menjadi salah satu tempat favorit anak muda Cirebon dan sekitarnya. Bukit Gronggong menyuguhkan panorama perbukitan yang mempesona.

Bukit Gronggong juga berhasil menyuguhkan pemandangan malam yang begitu khas. Ada yang kurang jika Anda mengunjungi tempat wisata ini sendirian, Banyak wisatawan yang datang dengan pasangannya karena tempat ini begitu romantis. Jika Anda malas untuk beranjak dari lokas wisata, Anda pun bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan maupun menikmati makanan restoran disana.

6Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Paliamanan terletak di desa Paliamanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan maupun liburan datang. Nah, jika Anda tidak suka keramaian, Anda bisa mendatangi wisata air panas ini ketika hari-hari biasa saja.

Banyu Panas Palimanan menyuguhkan pemandian air panas yang akan membantu menyehatkan tubuh Anda. Berendam menggunakan air panas yang alami mampu menyegarkan badan, membantu melancarkan aliran darah serta membunuh kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, berendam di air panas tentu akan membantu menenangkan pikiran Anda dan menghilangkan beban di pundak Anda.

7Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikahalang terletak di desa Cikahalang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer saja dari pusat Kabupaten Cirebon. Wisata cikahalan menawarkan berbagai daya tarik wisata bagi para wisatawan.

Desa Wisata Cikahalang menjadi pilihan tepat liburan Anda bersama keluarga. Desa Cikahalang dikenal sebagai tempat ikan bakar enak dengan pemandangan alam khas pegunungan. Wisatawan pun diperkenankan untuk menangkap ikan sendiri untuk diolah menjadi makanan yang lezat. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa bermain wahana lain seperti kolam renang, pondokan, perahu wisata dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Cirebon siap menemani liburan Anda menjadi lebih seru dan asyik. Cirebon tidak hanya sebagai wisata religi saja, tetapi juga mampu menghadirkan berbagai macam wisata buatan dan alam dengan pemandangan yang tidak kalah dengan wilayah lain. Jika Anda sedang berkunjung di Cirebon maupun bertempat tinggal disana, jangan lewatkan tempat-tempat wisata tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here