Home Wisata Jawa Tengah Daftar Tempat Wisata di Pekalongan Yang Paling Indah

Daftar Tempat Wisata di Pekalongan Yang Paling Indah

tempat wisata di pekalongan
foto : https://www.instagram.com/zidnairfan/

Tempat Wisata di Pekalongan wajib dikunjungi terutama bagi masyarakat Pekalongan dan sekitarnya. Tentu sangat rugi jika Anda sebagai masyarakat asli kota Batik namun tidak mengetahui keindahan wisata yang ada di Pekalongan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk Anda kunjungi bersama rombongan.

1. Curug Muncar

curug muncar
foto : https://www.instagram.com/fianalfionita/

Tempat Wisata di Pekalongan yang wajib Anda kunjungi yaitu Wisata Curug Muncar. Curug yang berarti air terjun ini berada di desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Lokasi curug sendiri berada pada ketinggian kurang lebih 1200 mdpl.

Curug Muncar yang berada pada ketinggian tersebut tentu menyuguhkan udara yang sejuk khas pegunungan. Tempat wisata yang satu ini pun masih asri dan alami. Tepat sebagai tujuan wisata yang mampu menyejukkan Anda.

Curug Muncar berada di daerah hutan yang merupakan milik Perhutani. Anda perlu sedikit perjuangan untuk sampai di lokasi. Jalan menuju air terjun ini yaitu Anda harus melewati lembah yangs sedikit curam. Sebaiknya Anda tidak datang ketika musim hujan datang. Karena lembah tersebut akan berubah menjadi sangat licin.

2. Curug Bajing

curug bajing
foto : https://www.instagram.com/mz_uid34/

Selan Curug Muncar, Anda juga bisa mengunjungi air terjun lain yang ada di Pekalongan yaitu Curug Bajing. Keindahan Curug Bajing tidak kalah dengan curug muncar. Kedua air terjun ini mempunyai keistimewaannya masing-masing. Tempat wisata Curug Bajing berada pada ketinggian 1300 mdpl. Hal tersebut dapat diartikan letak curug Bajing lebih tinggi dibandingkan dengan Curug Muncar.

Hawa sejuk dengan pemandangan alam sekitar yang indah membuat Curug Bajing terlihat begitu indah. Banyak para wisatawan yang ingin berlama-lama berada di tempat wisata yang satu ini. Air terjun sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Anda perlu berjalan kaki dari tempat parkir kurang lebih 15 menit untuk sampai di curug Bajing. Jalan setapak yang ditemani dengan pohon-pohon rindang disekitar membuat para wisatawan begitu menikmati perjalanannya. Curug Bajing sendiri terletak di desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Air terjun tersebut berada agak jauh dari pemukiman penduduk dan wisata alam ini masih asri dan alami.

3. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
foto : https://www.instagram.com/kohendy/

Para pendaki tidak boleh melewatkan keindahan alam asri yang ada di Gunung Kendalisodo ini. Jarak yang tidak begitu jauh menjadi tempat yang sangat cocok bagi para pemula. Gunung kendalisodo mempunyai ketinggian 1697 mdpl saja. Segala lelah ketika mendaki akan hilang begitu saja dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh Gunung Kendalisodo.

Gunung kendalisodo menyuguhkan puncak hanoman yang indah dan memukau. Anda akan dibuat terkagum-kagum ketika sampai di puncak gunung tersebut. Lokasi gunung ini berads di kecamatan Petungkriyo, Kabupaten Pekalongan. Nah, untuk melestarikan alam dan menjaga keindahan gunung, jangan sampai membuang sampah sembarangan.

4. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana
foto : https://www.instagram.com/tamatamaa23/

Pantai Pasir Kencana menjadi salah satu destinasi wisata air favorit yang ada di Pekalongan. Lokasi pantai tepatnya berada di Jalan Panta, Kecamatan wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Sangat kurang rasanya jika berkunjung ke Pekalongan namun tidak mampir di tempat wisata ini. Letak pantai yang strategis pun menjadi salah satu poin penting menggapai pantai selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Pasir Kencana berjarak tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya sekitar 4 kilometer saja. Alangkah indahnya jika Anda mengunjungi pantai pasir putih ini menjelang sore. Karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sungguh memukau indahnya. Kapan lagi Anda menikmati keindahan sunset di Kota Batik ini?

Selain itu, wisata di Pekalongan ini juga menyuguhkan akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut sangat menarik. Anda tidak hanya menikmati keindahannya saja, tetapi juga memperoleh pengetahuan tambahan.

Pantai pasir juga menjadi kawasan wisata yang terdapat pelabuhan dan pelelangan ikan. Anda bisa membawa oleh-oleh ikan segar yang baru saja ditangkap oleh para nelayan. Anda bisa membeli ikan-ikan yang ditangkap berkualitas bagus dan segar dengan harga yang terjangkau.

5. Wisata Bahari Pekalongan

Wisata Bahari Pekalongan
foto : https://www.instagram.com/rie.ana/

Wisata Bahari Pekalongan menjadi tempat wisata anak yang menyenangkan. Tempat wisata ini menjadi pilihan tepat untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Lokasi wisata bahari tidak jauh dari pantai pasir kencana yang telah dibahas sebelumnya. Menjelang hari libur, wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar kota.

Berbagai fasilitas yang memadai akan membuat Anda nyaman berada di tempat wisata ini. Fasilitas tersebut seperti area memancing, gazebo, taman bermain, taman, gardu pandang dan masih banyak lagi. Wahana yang banyak menarik perhatian yaitu akuarium raksasa yang terdapat berbagai biota laut. Nah, wisata ini juga bisa menjadi wisata edukatif bagi sang buah hati Anda.

6. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan
foto : https://www.instagram.com/lalaanvsa/

Bukit Pawuluhan menjadi salah satu tempat hunting hits yang ada di Pekalongan. Bukit ini menjadi wisata alam yang menyuguhkan keindahan matahari terbit yang luar biasa. Tidak heran jika banyak wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam ke tempat ini untuk menikmati indahnya sunrise. Anda juga akan disuguhkan dengan hamparan sawah hijau dan pepohonan rindang yang akan menemani perjalanan Anda menuju lokasi tersebut. Tetapi jalan yang cukup terjal dan kondisi yang agak licin membuat Anda harus selalu berhati-hati.

Tempat Wisata di Pekalongan tidak kalah menariknya dengan wisata-wisata yang berada di wilayah lain. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Batik namun tidak mengunjungi tempat wisatanya bukan? Anda akan disuguhkan dengan keindahan-keindahan yang istimewa pada setiap tempat wisata yang Anda kunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here